Kisah Misteri Bola Menggelinding

Suasana sangat ramai di depan singgasana paduka Singa. Semua rakyat berkumpul karena resah akan apa yang akhir-akhir ini terjadi di hutan tempat mereka tinggal. Hampir semua binatang melihat penampakan misteri bola menggelinding di tengah hutan. Banyak yang mengira bola itu milik manusia. Mungkin saja pemburu yang membawanya. Jika memang benar, itu berarti sangat berbahaya. Karena itu berarti pemburu sudah semakin dekat, masuk jauh ke dalam hutan.

“Tenanglah kawan-kawan, kita selidiki dulu masalah ini baik-baik. Benarkah itu bola milik manusia seperti yang kita
duga? Belum tentu demikian,” ucap paduka Singa, menenangkan.

“Memangnya siapa lagi selain bangsa manusia? Aku yakin, pemburu berada tidak jauh dari sini,” ucap rubah geram.

Melihat rakyat yang begitu ketakutan, paduka singa segera mengambil keputusan yang paling bijak. “Aku akan pergi ke tempat di mana bola itu biasa muncul. Kita tidak akan pernah tahu apa yang terjadi sebenarnya jika tidak menelitinya lebih lanjut.”

Tidak membuang waktu lama, Paduka Singa dan pengawalnya segera menuju ke tempat di mana bola menggelinding itu sering kali tampak. Setelah sekian lama bersembunyi di balik semak, sebuah benda dari atas menggelinding ke arah paduka singa berada. Sontak paduka singa kaget dan langsung keluar dari tempat persembunyiannya.

Olala! Benda yang dianggap bola itu perlahan-lahan berubah menjadi bentuk lain. Bukan seperti bola lagi, justru malah sekarang lebih mirip hewan. Binatang yang bersembunyi bersama paduka Singa perlahan ikut keluar untuk melihat bola misterius yang telah berubah itu.

“Ada apa ini?” sahut makhluk misterius yang sebelumnya berbentuk bola tadi. “Perkenalkan, namaku Trenggiling. Maaf baru sempat berkenalan. Aku baru saja pindah ke tempat ini seminggu yang lalu.”

Semua binatang saling pandang tidak percaya. Ternyata ada binatang yang bisa berubah bentuk menjadi seperti bola. Dan namanya juga sama uniknya dengan bentuknya. Trenggiling. Sungguh nama yang lucu. Kini legalah masyarakat hutan, sebab trenggiling sama sekali bukan hewan yang perlu ditakuti

Pesan Moral : Meneliti sesuatu lebih dalam merupakan cara terbaik untuk mencari kebenaran dalam suatu masalah.