Kisah Induk Kambing Yang Pemberani (Rusia)

Alkisah, hiduplah seekor induk kambing pemberani yang tinggal bersama tiga anaknya. Suatu hari, induk kambing hendak mencari makan. Ia meminta anaknya untuk menunggu di rumah saja. Induk kambing berpesan kepada anak-anaknya untuk tidak membukakan pintu kepada siapa saja.

“Jangan bukakan pintu untuk siapa pun, kecuali aku. Jika aku pulang, aku akan mengucapkan kata sandi,” ucap induk kambing.

“Apa kata sandinya, Bu?” tanya salah satu anak kambing.

“Kata sandinya: aku pulang membawa susu untuk kalian, anak-anakku sayang,” ucap induk kambing.

Ketiga anak kambing itu mengerti. Mereka mengunci semua jendela dan pintu. Tetapi, rupanya ada seekor serigala yang mendengar percakapan induk kambing dan ketiga anaknya. Serigala sangat senang, ia berniat untuk menyamar sebagai induk kambing, sebab ia sudah tahu kata sandinya.

Beberapa saat setelah induk kambing pergi, serigala mendatangi rumah ketiga anak kambing, ialu mengucapkan kata sandi.

“Aku pulang membawa susu untuk kalian, anak-anakku sayang” seru serigala.

Tanpa pikir panjang, ketiga anak kambing pun membukakan pintu. Olala… di depan pintu ada serigala yang sudah siap menerkam mereka. Anak kambing pun lari tunggang langgang. Serigala berhasil menangkap dua anak kambing, sementara satu anak kambing berhasil lolos dari kejaran serigala.

Beberapa saat kemudian, induk kambing pulang dengan membawa susu. Tetapi, rumah kambing sudah berantakan dan ketiga anaknya  sudah tidak ada. Induk kambing segera mencari-cari anaknya. Satu anak kambing bersembunyi di semak-semak. Melihat induknya pulang, si anak kambing pun segera berlari menghampiri sang  induk dan menceritakan apa yang sudah terjadi.

“Kedua saudaraku dibawa oleh serigala” isak anak kambing.

Mendengar hal itu, induk kambing sangat marah, ia langsung berlari ke rumah serigala. Di rumahnya, serigala sedang tertidur lelap. Kedua anak kambing diikat di pohon di dalam rumah serigala. Melihat hal tersebut, induk kambing segera menghampiri serigala, la berteriak sekeras-kerasnya sehingga serigala kaget dan ketakutan. Serigala langsung lari kocar-kacir, sementara si induk kambing bergegas melepaskan kedua anaknya.

Akhirnya kedua anak kambing itu pun, selamat. Mereka kembali pulang dan berkumpul di rumah. Keberanian sang ibu kambing membuat anak-anaknya bangga.

Pesan Moral : Jika kita benar maka tak usah merasa takut. Kebenaran pasti akan menang.