Kisah Harimau, Monyet, Dan Rusa (Cina)

Harimau sangat senang, hari ini ia berhasil menangkap seekor monyet. Ia berniat langsung melahapnya. namun mangsanya terlihat ketakutan.

“Jika kau memakanku, kasihan anak-anakku, harimau.Tidak ada yang mengurus mereka lagi,” isak monyet, mengiba.

Tapi, harimau tak memperdulikan hal itu, Dia sudah sangat lapar. Monyet terus saja mencari ide agar harimau tak memakannya.

“Jangan kau makan aku, harimau. Aku kurus dan dagingku sedikit. Lebih baik kau kutunjukkan binatang yang gemuk dan banyak dagingnya,” ucap monyet.

Mata harimau langsung berbinar, la membayangkan binatang yang bertubuh besar dan banyak dagingnya. Pastilah itu akan membuatnya kenyang, begitu pikir harimau.

“Baiklah, sekarang kau tunjukkan di mana binatang itu berada. Aku sudah sangat lapar,” dengus harimau.

“Binatang itu ada di seberang sungai. Kita harus melewati sungai untuk ke sana,” ujar monyet.

Kemudian mereka berdua pergi ke sungai itu. Sesampainya di sana, harimau kebingungan karena tidak ada jembatan yang bisa digunakan untuk melewati sungai. Namun, kebingungannya sirna ketika ia melihat sebuah batang pohon besar yang tumbang. Batang pohon itu bisa digunakan untuk melewati sungai.

Monyet segera menyeberangi sungai melalui batang pohon itu. Harimau berjalan di belakangnya. Rupanya di ujung sungai sudah berdiri seekor rusa jantan yang bertubuh besar. Tak disangka-sangka, begitu melihat si monyet dan si harimau, si rusa jantan langsung membentak si monyet.

“Hai monyet, kenapa kau hanya membawa satu harimau?! Kau kan janji akan membawakan aku seratus kulit harimau!” bentak rusa jantan.

Mendengar hal itu, harimau jadi gentar, la langsung berbalik arah dan berlari. Karena ketakutan dan terburu-buru, harimau terpeleset dan jatuh ke sungai. Begitu berhasil naik ke daratan, ia langsung lari terbirit-birit.

Sementara itu, monyet dan rusa yang pemberani selamat dari ancaman harimau. Monyet berterima kasih kepada rusa karena rusa telah membantunya. Kemudian mereka pulang ke rumah masing-masing dengan riang gembira.

Pesan Moral : Dari cerita dongeng Harimau, Monyet, Dan Rusa. Apapun masalahnya, kita harus berani menghadapinya. Andalkanlah akal pikiran kita untuk mengatasi masalah apa pun yang menghadang.

Download Dongeng KamiKamu di Google Playstore