Kisah Burung Bangau dan Burung Kolibri (Amerika serikat)

Bangau dan Kolibri adalah teman baik. Mereka sering makan ikan di danau yang sama. Hampir setiap hari mereka bertemu. Tetapi, sudah beberapa hari ini burung kolibri khawatir. Ikan-ikan di danau sepertinya sudah tak banyak lagi.

“Bagaimana kalau sampai ikan-ikan di danau habis? Maka, celakalah kita. Bagaimana kita makan nanti?” ucap burung kolibri kepada burung bangau.

“Mungkin ikan-ikan di danau ini habis karena kita selalu makan bersama,” ucap burung bangau.

Burung kolibri membenarkan perkataan burung bangau. Akhirnya mereka pun membuat kesepakatan.

“Bagaimana kalau kita mengadakan lomba? Siapa yang paling cepat sampai di pohon tua di hulu sungai, maka dialah pemenangnya ” ucap burung kolibri.

Burung bangau setuju dengan ucapan burung kolibri. Meskipun ia tahu bahwa burung kolibri memiliki tubuh kecil yang gesit, tetapi burung bangau tetap akan berusaha untuk mengalahkan burung kolibri.

Keesokan harinya, perlombaan pun dimulai. Wusss! Burung kolibri terbang mendahului burung bangau. Sementara burung bangau terbang dengan sangat lambat. Hal itu membuat burung bangau tertinggal jauh dari kolibri.

Burung kolibri menoleh ke belakang, burung – bangau belum muncul juga. Karena lelah, burung kolibri singgah di salah satu bunga, Ia memakan sari bunga-bunga itu.

‘Sungguh enak sari bunga ini,” ucap burung kolibri.

Karena terlalu asyik, burung kolibri tak menyadari bahwa burung bangau sudah ada di depannya. Burung kolibri pun segera menyusul burung bangau dengan cepat. Lagi-lagi burung bangau dapat disusul oleh burung kolibri.

Burung kolibri semakin jauh. Karena tahu burung bangau belum muncul, maka burung kolibri pun kembali singgah di taman bunga, Ia asyik menikmati sari bunga lagi. Bahkan kali ini sampai tertidur. Sementara itu, burung bangau masih terbang dengan lamban. Tetapi, burung bangau bisa menyusul burung kolibri.

Olala, burung kolibri masih tertidur di salah satu bunga, Ia tak menyadari bahwa burung bangau sudah menyusulnya. Saat burung kolibri terbangun, rupanya sudah pagi. Burung kolibri segera terbang lebih cepat lagi. Akhirnya sampailah ia di pohon tua di hulu sungai. Tetapi, burung kolibri melihat burung bangau sudah ada di sana terlebih dulu.

Akhirnya perlombaan itu pun dimenangkan oleh burung bangau. Kini, burung bangau bisa menikmati ikan-ikan di dalam danau sendirian. Sementara burung kolibri sekarang hanya makan sari dari bunga-bunga yang indah di taman.

Pesan Moral : Jangan menyerah dulu sebelum berjuang. Seperti burung bangau, meski ia lamban, namun karena ketekunannya, dia pun menjadi pemenang.

Download Dongeng KamiKamu di Google Playstore