Kisah Balas Budi Semut Pada Merpati (Spanyol)

Matahari semakin terik. Hal itu membuat semut kehausan. Apalagi sudah seharian ini ia bekerja keras mengangkut makanan. Semut menyeka keringat yang ada di dahinya. Kemudian ia duduk dan beristirahat sejenak. Semut menoleh ke arah kanan. Olala… rupanya ada sungai yang tak jauh dari tempat semut beristirahat.

“Lebih baik aku minum dulu di sungai itu,” ucap Semut, la langsung menuju sungai. Tetapi ketika akan mengambil air, tiba-tiba semut terpeleset, lalu terbawa arus yang deras. Tubuhnya yang kecil tak bisa melawan arus.

“Tolong… tolong… tolong aku!” teriak semut.

Burung Merpati yang sedang bertengger di pohon di dekat sungai, mendengar teriakan semut. Merpati langsung memetik selembar daun, lalu terbang dan menjatuhkan daun itu di dekat semut untuk menolong hewan kecil itu.

“Terima kasih, merpati. Jika tak ada kau, pasti aku sudah hanyut,” ucap Semut.

“Sesama makhluk hidup memang harus saling menolong,”jawab Merpati, bijaksana.

Setelah berbincang sejenak, mereka pun berpisah. “Semoga kita bisa berjumpa lagi di lain waktu,” seru Merpati, meninggalkan semut.

Semut sangat senang bertemu dengan Merpati yang baik dan ramah itu.

Beberapa hari kemudian, ada seorang pemburu datang ke hutan. Pemburu mengincar merpati yang sedang bertengger di pohon. Ia mengacungkan senapannya ke arah merpati.

Olala… merpati tak mengetahui hal itu. la sedang berada dalam bahaya!

Kebetulan semut sedang berada di dekat situ. Melihat hal tersebut, ia merasa sangat cemas.

“Aku harus menolong merpati dari pemburu itu,” ujar Semut, la pun langsung merayap ke kaki pemburu itu, lalu menggigitnya dengan keras.

Pemburu itu mengaduh kesakitan. Peluru pun meleset. Merpati segera menyadari keadaan itu. Merpati langsung terbang dan menjauh dari pemburu, la tahu, semutlah yang telah menyelamatkannya.

“Terima kasih semut,” batin Merpati.

Semut merasa lega. Akhirnya ia bisa membalas budi baik merpati.

Pesan Moral : Kebaikan akan selalu mendatangkan kebaikan. Jadilah pribadi yang suka menolong, maka suatu saat nanti, jika kau kesulitan, akan ada banyak teman yang menolongmu.

Download Dongeng KamiKamu di Google Playstore