Kisah Asal Mula Jerapah Berleher Panjang

Menurut cerita, dulu jerapah tidak mempunyai leher yang panjang seperti sekarang. Tubuhnya gembul dan pendek. Namun, kini jerapah punya tubuh yang tinggi serta leher yang panjang. Begini kisah Asal Mula Jerapah Berleher Panjang.

Suatu ketika ada seekor jerapah yang gembul dan pendek tinggal di sebuah padang rumput, la selalu merasa kesulitan untuk mengambil makanan di pohon yang tinggi.

Suatu hari, Peri Elea melihat kesedihan jerapah, la pun mencoba membantu jerapah.

“Jadi apa yang kau inginkan Jerapah?” tanya Peri Elea.

“Aku ingin tubuh yang kurus agar bisa memanjat pohon seperti tupai,” jawab jerapah, senang dengan tawaran Peri Elea.

Peri Elea mengabulkan permintaan jerapah. Kini tubuh gembul jerapah sudah tidak ada. Dia menjadi kurus, dan jerapah merasa sangat senang.

Keesokan harinya. Peri Elea kembali mengunjungi jerapah. Tak disangka. Peri Elea melihat jerapah kembali bersedih. “Kamu kenapa. Jerapah?” tanya Peri Elea.

“Tubuh kurusku tidak membantu aku memanjat pohon. Tetap saja aku tidak bisa makan. Bolehkah aku punya belalai seperti gajah?” tanya Jerapah.

Lagi-lagi Peri Elea mengabulkan permintaan jerapah. Kini jerapah pun punya belalai seperti gajah.

Seperti kemarin, Peri Elea kembali mengunjungi jerapah. Kali ini Jerapah terlihat terseok-seok membawa belalainya yang baru.

“Kamu kenapa lagi. Jerapah?” Peri Elea kembali bertanya.

“Aku hanya ingin makan daun di pohon yang tinggi itu. Makanya aku minta pertolonganmu. Tetapi semua tidak berhasil. Bahkan belalai ini berat sekali untukku,” keluh Jerapah sedih.

Peri Elea termenung. Lama sekali, Hingga akhirnya sebuah keputusan diambil. “Semoga ini berhasil” ujar Peri Elea
sambil mengarahkan tongkat ajaibnya.

Wushhh! Belalai jerapah hilang. Lalu lehernya terus bertambah panjang. Sebelum pergi, kali ini Peri Elea meminta jerapah mencoba leher panjangnya dulu. Ternyata Jerapah dengan mudah menjangkau daun yang ia inginkan. Lehernya yang sangat panjang tidak membuatnya kesulitan melakukan sesuatu.

Kali ini Jerapah benar-benar bahagia. Peri Elea pun senang karena akhirnya bisa membantu jerapah. Itulah mengapa kini para jerapah mempunyai leher yang panjang.

Pesan Moral : Setiap masalah pasti ada penyelesaiannya. Kita hanya perlu berusaha mencari penyelesaiannya.