Tutorial Word : Konversi Dokumen Word ke PDF

Untuk artikel kali ini saya akan membahas tutorial cara mengubah dokumen doc ke bentuk PDF secara langsung tanpa harus menggunakan aplikasi pihak ketiga. Cara ini menurut saya merupakan cara termudah yang sering saya gunakan jika saya sedang ingin menyimpan document dari file Word ke file PDF. Kenapa saya bilang cara ini adalah cara yang paling mudah? karena file PDF ini tanpa menggunakan aplikasi atau software seperti converter word to pdf.

Namun, masih banyak juga yang masih bingung dan bahkan belum mengetahui sama sekali cara ini. Maka dari itu saya akan sharing tutorial untuk mengubah file microsoft word ke pdf dengan menggunakan Add in dari Microsoft. Tetapi sayangnya Add in ini tidak ada pada CD installer Microsoft office dan sepertinya Anda harus mendownload terlebih dahulu di situs resmi microsoft. Silakan Anda download Add in Save As PDF or XPS melalui link dibawah ini:

http://www.microsoft.com/en-us/download/details.aspx?id=7

Setelah sudah di download add in tadi, langsung saja install di komputer Anda setelah Add in ini berhasil terinstall, ikuti panduan berikut ini untuk menyimpan word ke pdf.

Berikut ini cara mengconvert dokumen word ke bentuk PDF

  • Siapkan file document word dengan membuat document baru atau membuka document yang sudah ada di komputer.
  • Simpan file Anda ke PDF dengan memilih menu Office pada bagian kiri atas.
  • Kemudian pilih Save AS > PDF or XPS.

  • Pilih lokasi penyimpanan Anda.

  • Setelah selesai klik Publish. File pdf sudah muncul di lokasi penyimpanan yang anda pilih.

  • Buka file pdf tadi untuk melihat hasilnya.


Demikian lah cara merubah file microsoft word ke bentuk PDF dengan mudah dan cepat. Kesimpulannya adalah pastikan Add in Save As PDF or XPS harus sudah terinstall di komputer. Jika hal itu sudah terpenuhi maka sangatlah mudah bagi kita untuk menyimpan file dari word ke format pdf. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca kali ini dan semoga berguna untuk anda yang membutuhkan.