Tutorial Jaringan : Mengendalikan PC dengan Smartphone

Di era moderen seperti sekarang ini, semakin banyak inovasi atau terobosan yang semakin memudahkan manusia dalam beraktivitas, seperti halnya berkomunikasi jarak jauh sekarang bukanlah menjadi suatu hambatan.

Namun bagaimana jika ditengah pekerjaan kita yang harus menggunakan PC dan kita memiliki urusan mendadak, sehingga mau tidak mau harus meninggalkan pekerjaan kita? Hal seperti itu sekarang bukanlah sebuah hambatan, karena sekarang kita dapat mengontrol PC kita menggunakan smartphone.

TeamViewer adalah software yang menyediakan akses jarak jauh yang mudah dalam penggunaannya, cepat, dan aman ke dalam sistem PC. Software ini mendukung PC dengan sistem operasi Windows, Mac, dan Linux, dan software untuk smartphone nya mendukung sistem operasi Android, iOS, Windows Phone, dan Blackberry 10 (Preview).

Software ini cukup membantu pekerjaan kita, dengan mengoperasikan PC di layar smartphone kita, seolah-olah smartphone kita adalah PC berukuran mini. Software ini menggunakan jaringan internet untuk menghubungkan PC dengan smartphone, sehingga pengguna dapat menggunakannya dimana pun berada asal terjangkau oleh jaringan internet.

Cara menggunakannya pun juga mudah, langkahnya sebagai berikut :

1. Anda harus mengunduh aplikasi untuk smartphone yang bisa diunduh secara gratis melalui Google Play Store, App Store, dan App World.

2. Kemudian unduh dan instal software di komputer Anda melalui, http://www.teamviewer.com/id/download/windows.aspx

3. Masukan ID dan password yang ada di software TeamViewer pada komputer Anda

Setelah konfigurasi berhasil makan layar smartphone Anda akan menampilkan layar dekstop komputer Anda. Selanjutnya Anda bisa mengoperasikan komputer Anda cukup dengan ujung jari.

Untuk Fitur-fiturnya sebagai berikut:

  • Dengan mudah mengakses komputer di belakang firewall dan proxy
  • Sentuhan dan gerakan kontrol intuitif ( termasuk dukungan multitouch pada Windows 8)
  • Fungsionalitas keyboard penuh ( termasuk kunci khusus seperti Ctrl+Alt+Del)
  • Transfer file ke dalam dua arah
  • Dukungan kebanyak monitor
  • Transmisi suara dan video secara real-time
  • Standar keamanan paling tinggi: Pengkodean Sesi 256 Bit AES, Pertukaran Kunci 2084 Bit RSA
  • dan lain-lain

Software TeamViewer untuk PC terbagi menjadi tiga kategori, yaitu Business, Premium, dan Corporate. Untuk harga, Business dibanderol dengan harga Rp5.617.000, Premium Rp11.234.000, dan Corporate Rp22.401.000.  Namun jangan khawatir, kita masih dapat mencoba software ini secara gratis, namun tentunya dengan batasan-batasan yang ada.

Bagaimana, tertarik mencobanya? Layanan dari TeamViewr ini cukup membantu pekerjaan ketika Anda sedang tidak bisa hadir di kantor atau sedang pergi keluar rumah namun tetap bisa mengoperasikan komputer di layar smartphone, namun dengan catatan komputer yang akan dikendalikan harus dalam keadaan online.