Tutorial Internet : Operator Google Untuk Memfilter Pencarian

Sebagai seorang pengguna dunia maya hampir bisa dikatakan alam kedua bagi kehidupan kita sehari-hari. Seperti halnya dunia nyata, ada begitu banyak pilihan di dunia maya.

Google sendiri adalah raksasa di dunia maya dengan semua sistem guritanya, mulai dari akun email gmail, situs video youtube, android, Google Chrome, dan masih banyak lagi sektor usaha lain dari Google. Tapi tentu saja yang terbesar dan masih paling fungsional adalah Google Pencarian. Google Pencarian bisa membantu anda menemukan apa saja yang tidak terproteksi di dunia maya.

Hanya saja anda pasti sudah tahu bahwa ada triliunan informasi di dunia maya, sedangkan halaman pertama Google hanya bisa memuat maksimal 10 hasil. Jadi anda perlu belajar bagaimana caranya untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Jadi kali ini saya akan berbagi cara mencari informasi apa saja yang anda inginkan dari dunia maya dengan menggunakan operator-operator pencarian Google.

Apa saja operator yang bisa kita gunakan?

1. Operator Google Tanda Kutip Ganda “

Operator ini digunakan jika anda ingin mendapatkan hasil pencarian yang susunannya benar-benar sama dengan frasa yang anda masukkan. Jika anda tidak menggunakan operator tanda kutip ganda ini, maka Google akan menghidangkan hasil di mana kata kuncinya tidak tersusun tapi tersebar.

Klik contoh berikut dan perhatikan  kata kunci yang dicetak tebal pada hasil pencarian:

Dengan tanda kutip: “Resep Rendang Sapi”
Tanpa tanda kutip: Resep Rendang Sapi

2. Operator Google Tanda Titik Ganda ..

Operator ini digunakan jika anda ingin mencari hasil yang berupa range data. Misalnya anda mau mencari data Google tentang perang dari tahun 1800 sampai 1900, maka ketikkan

Perang 1800..1900

3. Operator Google Tanda Kurang –

Operator ini digunakan jika anda ingin mengeliminasi suatu kata atau beberapa kata dari hasil pencarian anda. Misalnya anda sedang mencari Gunung Fuji, dan ingin mengeliminasi kata Gunung, Untuk melakukan itu ketikkan

-Gunung Fuji.

4. Operator Google Tanda Ekuivalen ~

Operator ini digunakan jika anda ingin hasil pencarian yang bersifat luas. Misalnya anda sedang mencari kata teh hangat, tapi juga menginginkan google mencari untuk kata-kata yang sejenis dengan kata hangat, maka ketikkan

teh ~hangat

Anda akan melihat bahwa Google juga menghidangkan  kata teh panas di dalam hasil pencarian.

5. Operator Google OR atau |

Operator Google yang satu ini digunakan sebagai filter hasil pencarian untuk kata kunci opsional. Misalnya anda mengetik

bakso OR perkedel

maka hasil pencarian akan menampilkan halaman yang memuat bakso saja atau perkedel saja. Tidak akan ada hasil yang memuat keduanya dalam satu halaman.

Jadi dengan menggunakan filter-filter ini, kita bisa mendapatkan hasil yang lebih spesifik lagi. Sekian dulu artikel operator google untuk memfilter hasil pencarian, silahkan mencoba.