Tutorial Internet : Membuat Email di Gmail

Berkomunikasi dengan email sekarang sudah mulai jarang digunakan, karena orang cenderung memilih berkomunikasi menggunakan Messenger atau Chat karena sifatnya yang real time.  Namun membuat email tidak hanya sekedar untuk berkomunikasi, salah satu fungsinya adalah menjadi identitas untuk melakukan pendaftaran, misalnya ketika ingin membuat blog baru.

Banyak provider layanan email di dunia, dan yang paling favorit di antaranya adalah Yahoo Mail dan Gmail.  Kelebihan Gmail dibandingkan provider layanan email yang lain adalah, kita dapat menjalankan layanan Google seperti Playstore, Youtube, Google Plus, Hangout, Blogspot, dan lainnya dengan satu identitas Gmail kita.  Saya sendiri dulu cenderung menggunakan Yahoo Mail karena terintegrasi dengan layanan Yahoo Messenger yang dulu menjadi layanan yang sering saya gunakan.  Namun dengan Gmail, kita juga dapat menikmati layanan Messenger dari Google bernama Hangout (dulunya Google Talks).

Untuk membuat Email, langkah yang perlu kita lakukan adalah :

1. Buka situs Gmail dengan alamat : http://gmail.com

2. Klik BUAT AKUN (sisi kanan atas layar)


3. Isikan Biodata/Profil anda dan lakukan verifikasi (Verifikasi menggunakan SMS ataupun Email yang anda punya)


4. Pada Halaman-halaman selanjutnya, anda akan diminta memasukan kode verifikasi yang dikirim via telepon/handphone ataupun email tergantung opsi yang anda pilih sebelumnya.

Selanjutnya anda dipersilakan memilih untuk membuat profil Layanan Google Plus (bisa anda lakukan sewaktu-waktu) dengan mengklik BUAT PROFIL ANDA, atau langsung menuju ke akun Gmail baru anda dengan mengklik LAIN KALI

Serta halaman pembuka, dimana anda cukup mengklik LANJUTKAN KE GMAIL

5. Anda akan masuk pada halaman Kontrol Panel Gmail anda

  • TULIS : untuk membuat pesan email baru
  • KOTAK MASUK : berisi daftar email yang masuk ke akun anda.  Anda juga bisa mengklik SPAM untuk mengecek daftar email yang masuk yang dianggap sebagai email penganggu layaknya surat kaleng
  • PESAN TERKIRIM : Daftar Email yang sudah anda buat dengan status berhasil dikirim
  • DRAF : Berisi daftar email yang anda buat namun belum terkirim
  • SAMPAH : Ketika anda menghapus suatu email, sebelum benar-benar dihapus, email tersebut ditampung di menu ini
  • KELUAR : Tombol di kanan atas ini untuk keluar dari akun Gmail Anda


Layanan Gmail ini juga sudah terintegrasi langsung dengan layanan Google Hangout yang ditampilkan di sisi bawah kiri layar.

Semoga Tutorial kali ini membantu anda yang sedang ingin membuat email.  🙂