Tutorial Internet : Memblokir Situs Menggunakan Notepad

Untuk para orangtua yang memiliki anak yang suka berselancar di dunia maya, kadang ada rasa ketakutan anak-anaknya akan membuka situs-situs yang tidak pantas untuk diakses. Atau untuk anda yang ingin memblok akses ke suatu situs karna situs itu mengganggu atau semacamnya.

Kali ini, akan diberikan cara mudah yang bisa dilakukan untuk memblokir situs tertentu tanpa perlu memasang aplikasi pihak ke tiga. Hanya dengan menggunakan Notepad yang sudah terpasang di laptop atau komputer, kita sudah bisa membatasi akses ke situs-situs tertentu. Namun karena prosesnya menggunakan Notepad, maka pemblokiran ini hanya berlaku pada komputer yang kita gunakan saja dan tidak berlaku pada komputer lain yang berada dalam satu jaringan.

Langkah-langkah untuk memblokir situs tersebut sangat mudah, yaitu :

1. Buka Notepad

Buka aplikasi Notepad. Kemudian klik Open atau Ctrl+O.

2. Membuka File

Sebelumnya ubah tipe file menjadi All Files dulu. Kemudian cari file yang berada pada folder C:WindowsSystem32driversetc. Pada folder tersebut, pilih file dengan nama hosts. Klik Open untuk membukanya.

3. Menambahkan Perintah

Setelah file dibuka, akan tampil script dimana tiap komputer memiliki tampilan yang berbeda. Pada baris akhir, tambahkan perintah yang diikuti dengan situs yang ingin diblokir. Karna kali ini kita akan memblokir situs www.youtube.com, maka pada baris paling bawah ditambahkan dengan 127.0.0.1 www.youtube.com. Jika ingin menambahkan pemblokiran situs lain, tekan Enter untuk membuat baris baru dan ketikkan dengan cara yang sama. Kemudian simpan.

4. Uji Coba

Dengan menambahkan perintah tersebut, kita sudah tidak dapat mengakses situs Youtube. Untuk memastikan situs tersebut telah benar-benar terblokir, buka browser (mendukung semua browser populer) dan coba masukkan alamat www.youtube.com. Jika ingin mengembalikan ke kondisi semula, tinggal menghapus baris perintah yang dibuat tadi.

Untuk beberapa komputer, kadang tidak dapat menyimpan perubahan pada file hosts tersebut. Saya akan memberikan sedikit tambahan cara untuk dapat menyimpan perubahan file tersebut.

1. Saat kita mencoba menyimpan perubahan script, selalu jadi Save As dan akan ada notif kalau kita tidak mempunyai izin untuk menyimpan di lokasi tersebut. Karna kita masuk bukan sebagai Administrator.

2. Untuk mengatasinya, buka Control Panel. Kemudian pilih User Account and Family Safety.

3. Kemudian pilih User Account

4. Selanjutnya klik Change User Account Control settings

5. Awalnya menggunakan pengaturan Default. Kemudian kita ubah menjadi Never notify. Klik OK, selanjutnya akan ada notification apakah kita benar-benar ingin melakukan perubahan. Klik Yes.

6. Setelah itu sistem akan meminta direstart untuk melihat perubahan yang kita lakukan tadi.

Selesai, kita sudah bisa menyimpan perubahan pada script hosts tadi. Setelah pemblokitan pada situs selesai, kita bisa saja mengembalikan pengaturan User Account Control menjadi pengaturan Default.