Tutorial Blog : Transfer Akun Blogspot ke akun Blogspot lainnya

Tutorial ini suatu saat mungkin akan anda butuhkan pada suatu situasi, misalnya kita menggunakan email A untuk masuk ke dalam blog A, tetapi kita ingin mengubahnya menjadi email B yang digunakan untuk masuk ke dalam blog A.

Alasan umum untuk melakukan ini, karena kita merasa terlalu banyak memiliki blog dengan banyak akun email juga untuk memasukinya. Bisa dianalogikan kita memiliki 10 blog dengan 10 email yang berbeda untuk akses masuk ke dalamnya.

Mungkin awal tujuan kita melakukan pemisahan akun blogspot ini didasarkan pada alasan keamanan. Kita berpikir jika kita perlu memecah banyak blog dengan banyak email pula agar jika ada salah satu akun blog yang diblok oleh google maka tidak akan mempengaruhi akun blog kita yang lain.

Akibatnya, manajemen akun blog ini menjadi susah untuk kita lakukan.  Hal terburuk yang mungkin bisa kita alami adalah kita lupa dengan email dan password untuk setiap blog kita itu sendiri.  Kalau sudah seperti ini, pasti akan sangat merepotkan bukan?  Karena kita harus menemukan cara untuk mengembalikan email dan password blog yang terlupa.  Mengapa tidak kita gabungkan saja blog milik kita ini dalam beberapa akun email saja agar lebih mudah pengelolaannya.  Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

Pada contoh pembahasan ini, kita ilustrasikan kita memiliki email A yang digunakan untuk akses masuk ke blog A.  Selanjutnya kita ingin mengganti email A dengan email B untuk masuk ke dalam blog A.

1.  LOGIN ke dalam blog A dengan email A.

2.  Klik SETELAN (PENGATURAN).

3. Klik IZIN. Setelah itu, akan terlihat halaman untuk menambahkan penulis.4. Klik MENAMBAH PENULIS dan masukan email B.  Setelah itu, kita akan menerima pesan undangan untuk menulis yang dikirimkan ke email B.

5. Masuk ke dalam akun email B dan kita akan menemukan pesan undangan tersebut seperti gambar berikut.

6. Klik link dalam email/pesan undangan tersebut.  Kita akan mendapatkan konfirmasi untuk menjadi penulis dalam blog A dengan email B. klik tulisan DISINI untuk melanjutkan proses

7. Kita kemudian akan masuk ke dalam akun blog email B.  Di bagian dasbor akan ditemukan blog baru yaitu blog A, tetapi dengan menu pilihan yang terbatas hanya entri baru, edit entri, dan setelan karena status kita yang baru sebagai penulis undangan.


8. Lanjutkan proses dengan kembali LOGIN ke akun blog email A.

9. Klik SETELAN.

10. Klik IZIN. Akan muncul halaman seperti gambar berikut

11. Pada email B yang statusnya masih pengarang, klik link bertuliskan BERIKAN PRIVILESE ADMIN.

12. Selanjutnya ada pop up dan pilih BERIKAN HAK ISTIMEWA SETINGKAT ADMIN.  Saat ini blog A memiliki dua admin, yaitu email A dan email B.  Jika kita ingin menggunakan blog A dengan email B saja, maka klik CABUT PRIVILESE ADMIN untuk email A.


13. Selanjutnya akan muncul kembali sebuah pop up dan pilih CABUT HAK ISTIMEWA SETINGKAT ADMIN


14. Klik HAPUS DIRI ANDA DARI BLOG INI untuk melanjutkan proses.

15. Pada langkah ini, anda telah berhasil mentransfer akun blogspot anda dari email A ke email B.
Pada tahap selanjutnya, untuk masuk ke blog A anda, anda dapat menggunakan login email B.

Semoga Bermanfaat