Tutorial Blog : Membuat blog di Blogger.com

Menjadi Bloger merupakan aktivitas hobi yang bisa memberikan anda pendapatan tambahan.  Bukan merupakan isu yang mengada-ngada jika banyak para bloger yang mendapatkan pemasukan dari iklan dan lainnya.

Untuk membuat sebuah blog di blogger.com, anda sebelumnya harus memiliki email terlebih dahulu.  (Baca Juga : MEMBUAT EMAIL DI GMAIL)

Langkah-langkah :

1. Buka situs http://blogger.com. Klik ‘TAMBAHKAN AKUN’ jika anda belum memiliki akun google (gmail) sebelumnya, atau cukup mengklik akun anda yang tampil.

2. Dengan asumsi anda sudah memiliki akun google (gmail) sebelumnya, pada langkah ini anda silakan masuk menggunakan akun anda dengan memasukan kata sandi.

3. Jika login berhasil, anda akan masuk ke dalam halaman Selamat Datang. Silakan Klik ‘CONTINUE TO BLOGGER’

4. Halaman selanjutnya adalah kontrol panel utama dari blogger/blogspot. Dengan satu akun google/gmail, anda dapat membuat lebih dari satu blog. Untuk membuat blog baru, klik ‘NEW BLOG’

5. Pada pop-up yang muncul silakan beri nama blog anda, berikut alamat url yang anda kehendaki, serta tema/template yang dapat anda pilih. Kemudian klik ‘CREATE BLOG’

6. Setelah berhasil membuat blog baru, anda kemudian diarahkan ke halaman kontrol panel yang blog yang baru saja anda buat. Dimana anda bisa melakukan kontrol seperti membuat tulisan, membuat halaman, dan lainnya di sisi tab kiri layar.

Pada tutorial kali ini, kita juga akan mencoba membuat sebuah tulisan (post). Untuk melakukannya, klik POSTS.

Untuk efektifitas publikasi, jangan lupa untuk menambahkan LABELS yang akan memudahkan pengguna internet menemukan blog anda dari kata kunci yang anda buat.  Untuk menyimpan dan mempublikasikan klik PUBLISH

7. Pada laman penulisan, silakan anda isikan judul tulisan anda, berikut deskripsi tulisan anda. Untuk memasukan gambar anda bisa mengklik menu berupa ikon gambar di bawah judul

8. Untuk melihat hasil jadi blog anda klik VIEW BLOG.

Pada kesempatan berikutnya, kami akan membahas lebih jauh penggunaan blog, seperti kustomisasi disain, peningkatan trafik pengguna, serta pemanfaatan untuk e-Learning, dan lainnya.
Semoga tutorial ini bermanfaat.

Langkah-langkah membuat blog di Blogger.com (Blogspot)