Troubleshooting : Penyebab Laptop Hang dan Tips Mengatasinya

Laptop yang sering hang tentunya dapat membuat pekerjaan kita terhambat. Bahkan pekerjaan kita seringkali hilang tiba-tiba akibat hang tersebut. Lalu bagaimana mengatasinya? Yuk lihat penjelasannya di bawah ini

1. Laptop hang karena kekurangan Memory 

Masalah laptop hang karena minimnya RAM yang terpasang merupakan hal yang umumnya sudah diketahui oleh semua pengguna laptop. Untuk itu cobalah cek kapasitas memory yang terpasang, untuk laptop sekelas Intel Pentium 4 dengan OS Windows XP dan aplikasi standar sebaiknya upgrade-lah memory menjadi minimal 1 GB.

2. Laptop hang karena terlalu banyaknya program yang terinstall

Periksalah program apa saja yang terinstall dengan cara klik Add/Remove Program di Control Panel dan un-install program-program yang hanya menjadi “accesories” tersebut.

3. Laptop hang karena terlalu banyak startup programs dan service yang berjalan

Hal ini berkaitan dengan point no 2, semakin banyak program yang terinstall, semakin banyak pula program dan service yang akan dijalankan ketika windows startup.  Untuk menonaktifkan startup program dan service yang berjalan otomatis tersebut, masuklah ke “System Configuration Utility” dengan cara ketik: msconfig pada menu run, kemudian pada tab service dan startup        lakukan uncheck     terhadap aplikasi-aplikasi yang tidak diperlukan.  Untuk melihat aplikasi apa saja yang sedang berjalan, kita bisa menggunakan tool Prosesexplorer. Dengan tool ini kita dapat melihat dan menonaktifkan (kill) aplikasi apa saja yang tidak diperlukan atau dicurigai sebagai virus.

4. Laptop hang karena Temporary File yang sudah membengkak

Penyebab laptop hang yang ke empat adalah sudah membengkaknya file-file temporary(sementara). Untuk Windows Xp lokasi file tersebut ada di:”C:Documents and Settingsnama_userLocal SettingsTemp” dan”C:WINDOWSTemp”. Untuk membersihkannya, delete-lah file-file yang terdapat di kedua lokasi tersebut atau jalankan program Disk CleanUp dengan cara klik start-run, ketik: “cleanmgr” lalu pilih drive yang akan di-cleanup.

5. Laptop hang karena terlalu banyak program yang berfungsi sebagai “security program”

Security program seperti program antivirus dan firewall merupakan aplikasi tambahan yang harus ada pada laptop, tetapi janganlah terlalu berlebihan misalnya dengan menginstall 2-3 program antivirus sekaligus. Untuk masalah security windows, yang terpenting adalah lakukan update, aktifkan firewall dan gunakan antivirus yang tidak membebani laptop seperti misalnya PCMAV Antivirus serta berhati-hatilah ketika menggunakan USB Flashdisk / Memory Card.

6. Laptop hang karena masalah pada hardisk

Hardisk merupakan komponen kedua setelah RAM yang bisa menyebabkan laptop menjadi hang. Masalah Laptop hang yang disebabkan oleh hardisk ini diantaranya karena:

  • hardisk low space
  • hardisk yang terfragmentasi
  • hardisk yang sudah lama, sehingga rpm-nya menurun
  • hardisk error / bad sector
  • Cara mengatasi laptop hang karena masalah pada hardisk diatas adalah:

upgrade kapasitas hardisk dengan menambah atau ganti hardisk
lakukan defragmenter pada hardisk secara berkala
hindarkan hardisk dari debu, goncangan dan panas berlebih.
Perbaiki kerusakan pada hardisk dengan tool checkdisk atau dengan cara manual:

  1. Buka Windows Explorer, klik kanan pada hardisk C->Properties->Pilih “tools”->Check Now
  2. Centang “scan for and attempt recovery of bad sector”
  3. Start

7. Laptop hang karena adanya virus, malware atau spyware pada laptop

Apabila laptop kita sudah terlebih dahulu terserang virus atau malware, maka sebaiknya jalankan Windows Safe Mode, matikan fasilitas system restore dan gunakanlah program Virus Cleaner seperti misalnya Norman Malware Cleaner untuk membersihkan virus atau malware tersebut dan lakukan pula update pada sistem operasi.

8. Laptop hang karena System Files ada yang corrupt atau bahkan hilang

Biasanya terjadi setelah laptop terinfeksi virus dan file-file yang terinfeksi tersebut terlanjur rusak atau terdelete oleh antivirus. Solusi yang paling gampang adalah dengan merepair sistem operasi yang digunakan.

9. Laptop hang karena masalah hardware overheat

Hardware overheat baik itu terjadi pada hardisk, vga card, processor atau cpu secara umum bisa menyebabkan menurunnya kinerja laptop yang pada akhirnya laptop menjadi hang, lambat atau bahkan  sering restart. Untuk itu pastikan sirkulasi udara pada bagian dalam CPU berjalan dengan baik begitu juga pada fan (kipas angin) harus bersih dari debu dan dapat berputar dengan lancar.

10. Laptop hang karena adanya masalah konektifitas pada jaringan / network 

Hal ini bisa terjadi karena trafic jaringan yang tinggi, hub atau switch yang hang atau adanya virus yang mencoba masuk ke sistem laptop kita. Untuk mengatasinya, coba lepas dan pasangkan kembali konektor RJ45 pada LAN Card atau Roset LAN, restart Switch / hub dan gunakan program Port scanner untuk melihat packet data apa saja yang masuk dan keluar dari laptop kita. Dan bisa juga karena ada virus trojan untuk membuktikanya silakan scan komputer anda .Trojan downloader bertugas membebani koneksi, “seolah-olah” melakukan download file berukuran besar sehingga memadati lalu-lintas internet anda. komputer hang karena memori dan prosesor di-sita oleh trojan dg informasi bohongan tentang download. bisa juga, tanpa disadari… trojan downloader itu memang sengaja melakukan download ke komputer dihapus dari daftar ‘startup application’ di msconfig trus hapus filenya (linkinfo.dll)–jika antivirus tidak berhasil menghapusnya. masuk ke “safe mode” kalo melalui mode normal tidak bisa.

11. Komputer hang saat masuk bios

Restart komputer, masuk ke BIOS dengan menekan tombol DELETE/DEL berulang-ulang saat komputer pertama menyala. Masuk ke menu Advanced BIOS Features, cari yang berhubungan dengan BIOS Cache, disable kan.Tekan F10 > Enter

12. Komputer hang saat masuk windows

Ada beberapa kemungkinan :

  1. Program windowsnya bermasalah (missing file system atau kena virus,dll) solusi -> coba diformat dan di instal ulang -> jika pada saat instal ulang windows tidak jalan maka ada kemungkinan: cdrom bermasalah, cd windows bermasalah, hd bermasalah yaitu badsector (walaupun hd terbaca pada komputer lain tidak menjamin hd anda tidak memiliki badsector)
  2. Ram kotor, fan procesor kotor -> solusinya dibersihkan -> untuk ram bisa dibersihkan pakai penghapus pensil, untuk pembersihan fan procesor saya sarankan untuk dibersihkan oleh teknisi berpengalaman (salah copot dan pasang bisa menimbulkan masalah baru yang tidak diinginkan).
  3. Kemungkinan-kemungkinan lainnya -> motherboard yang agak rusak, coba dilihat motherboardnya apakah ada kapasitor yang bergelembung, dan permasalahan lainnya