Kisah Serigala Yang Suka Menipu

Zenk Serigala sedang tidak punya makanan apapun untuk hari ini. Dia terlihat sangat lemah dan lesu untuk berjalan keluar dari rumahnya. Namun, perutnya yang lapar memaksanya untuk keluar. Cukup jauh Zenk Serigala berjalan, lalu ia melihat Bu Murai sedang mengerami telur-telurnya. Air liur Zenk menetes melihat telur-telur Bu Murai yang sangat banyak.

“Jika aku memakan semuanya, pasti aku akan sangat kenyang,” gumam Zenk Serigala.

Zenk Serigala mendekati Bu Murai yang tidak henti-hentinya bersenandung untuk para telur.

“Bu Murai, aku dengar ada pertemuan para burung di balai. Apa kau tidak ke sana?” tanya Zenk Serigala.

“Oh, benarkah? Tentu saja aku harus ke sana. Kenapa pula aku sampai tidak tahu,” ujar Bu Murai tanpa rasa curiga.

Sepeninggal Bu Murai, Zenk Serigala langsung mengambil seluruh telur Bu Murai dan segera memakannya. Usai makan, Zenk Serigala meninggalkan sarang Bu Murai yang sudah kosong. Saat Bu Murai pulang, dia sangat kaget melihat telur-telurnya sudah tidak ada di tempat. Dia berteriak sekencang-kencangnya hingga Zenk Serigala sampai mendengar jeritannya.

Keesokan harinya, Zenk Serigala kembali ingin menipu ibu burung yang lain. Kali ini ia melihat Bu Pekaka. Telurnya juga sama banyaknya dengan milik Bu Murai.

“Bu Pekaka, aku dengar kemarin Bu Murai kehilangan telurnya. Semua burung sedang berkumpul di sana untuk menghibur. Apa kau tidak ingin menghiburnya juga?” ujar Zenk Serigala yang licik.

Bu Pekaka kaget. “Aku harus segera ke sana kalau begitu.”

Dan setelah Bu Pekaka terbang, Zenk serigala langsung mengambil telur-telur Bu Pekaka dan memakannya. Setelah Zenk Serigala memakannya, ia jadi sakit perut. Entah apa yang salah dengan telur Bu Pekaka. la merasa sangat kesakitan. Saat Zenk Serigala sudah tidak berdaya, kaum burung keluar dari persembunyiannya, termasuk Bu Pekaka dan Bu Murai.

“Kau telah memakan telur busuk, Zenk Serigala. Apa kau pikir kami tidak tahu bahwa kaulah yang telah memakan telur Bu Murai? Sekarang terimalah akibat dari perbuatanmu!” seru Bu Pekaka.

Zenk Serigala sangat kaget. Tapi, dia tidak bisa berbuat apa-apa. Perutnya terasa semakin sakit saja. Pasti karena telur busuk yang tadi dimakannya.

Pesan Moral : Mendapatkan sesuatu dengan cara menipu akan berakibat hal yang tidak baik di kemudian hari

Download Dongeng KamiKamu di Google Playstore