Kisah Semangat Induk Kambing (Kanada)

Induk kambing merasa sedih. Satu anaknya mati diterkam oleh serigala saat mereka sedang asyik mencari makan di padang rumput. Serigala memang sudah tahu, di mana kambing-kambing mencari makan. Ya, tentunya di padang rumput yang hijau.

Induk kambing dan beberapa kambing lain mulai berpikir. Bagaimana caranya agar mereka bisa terbebas dari ancaman serigala. Mereka tak mungkin hidup dalam ketakutan terus-menerus.

“Bagaimana kalau kita hidup di atas tebing itu,” kata induk kambing kepada kambing lainnya. Kambing-kambing lain tak yakin bahwa mereka bisa naik ke atas tebing yang sangat tinggi itu.

“Itu hal yang tak mungkin,” ujar salah satu kambing. “Bagaimana caranya kita naik ke sana?

Lagi pula, kita mau makan apa? Bukankah di sana tidak ada rumput?”

Semua kambing semakin bingung. Tetapi, induk kambing sudah memiliki tekad yang kuat. Meskipun di atas tebing tak ada rumput, tetapi di sana terdapat lumut-lumut. Mereka bisa memakan lumut. Yang terpenting adalah lepas dari cengkeraman serigala.

Saat malam tiba, induk kambing pergi ke bawah tebing, la mulai belajar menaiki tebing itu. Memang sangat sulit, tapi ia terus mencoba. Begitu setiap harinya, sampai beberapa hari. Setelah berjuang keras, akhirnya ia berhasil menemukan cara yang mudah untuk menaiki tebing. Hal itu berkat kegigihannya.

Induk kambing lantas mengajarkan hal ini kepada kambing-kambing lain. Kambing-kambing lain tak percaya bahwa mereka juga bisa memanjat tebing, meskipun dengan kerja keras. Namun berkat bujukan induk kambing, akhirnya mereka mau mencoba. Dan setelah melalui perjuangan yang berat, mereka semua berhasil memanjat tebing dan tiba di atas. Mereka pun bersorak gembira.

“Hore! Akhirnya kita terbebas dari serigala!” sorak mereka.

Suatu pagi, beberapa serigala merasa lapar. Lantas mereka pergi ke padang rumput, tempat di mana kambing-kambing biasa mencari makan. Namun sesampainya di sana, mereka sangat kaget karena tidak ada satu pun kambing yang dapat mereka temui.

“Hai, kami di atas sini! Jika kalian bisa, naiklah ke sini!” teriak seekor kambing.

Serigala-serigala itu pun mencoba naik ke atas tebing. Namun apa yang terjadi? Tak ada satu pun serigala yang bisa naik ke sana. Mereka pun putus asa. Akhirnya mereka memutuskan untuk pergi mencari makan di tempat lain.

Semua kambing merasa senang dan bahagia. Berkat usaha keras dan sikap pantang menyerah, kini mereka bisa hidup aman di atas tebing.

Pesan Moral : Setiap kerja keras pasti akan membuahkan hasil. Terus semangat dan jangan pernah putus asa