Pertolongan Pertama pada Luka Bakar Listrik

Banyak luka bakar yang bukan akibat panas langsung, melainkan karena panas yang terbentuk di dalam jaringan tubuh, misalnya zat kimia yang keras atau oleh sengatan listrik. Namun jenis kerusakan yang ditimbulkan sama seperti yang terjadi pada luka bakar “thermal”, dan pertolongan pertama pada luka bakar listrik pun tidak berbeda.

Pada kecelakaan akibat listrik tegangan tinggi atau zat kimia yang berbahaya, harus diingat bahwa prioritas utama Anda ialah keselamatan Anda sendiri. Jangan membahayakan diri Anda maupun orang lain dengan menangani korban pada situasi yang berbahaya, meski kondisi korban tampaknya memerlukan pertolongan segera.

Luka bakar listrik dapat terjadi bila listrik berjalan melalui tubuh. Kerusakan yang tampak biasanya terjadi pada tempat masuk dan keluarnya listrik. Namun kerusakan di bagian tubuh juga dapat ditelusuri.

Bagaimana aliran listrik dapat menyebabkan luka bakar?

Luka bakar dapat disebabkan oleh sambaran petir atau listrik arus lemah maupun kuat. Kejutan listrik bisa menyebabkan henti jantung. Bila korban tidak sadar, prioritas utama Anda adalah melakukan resusitasi ABC. Posisi dan arah masuk serta keluarnya luka dapat menunjukkan Iuasnya cedera yang tersembunyi, juga untuk memperkirakan derajat shock yang mungkin terjadi.

PENGENALAN LUKA BAKAR LISTRIK

Mungkin terjadi:
  • Tidak sadar
  • Luka bakar derajat tiga disertai bengkak, panas, dan hangus pada tempat masuk maupun keluarnya listrik.
  • Apabila penyebabnya “percikan” dari listrik tegangan tinggi, tampak sisa tembaga yang kecoklatan pada kulit. (Jangan keliru dengan cederanya).
  • Gejala-gejala shock.

TINDAKAN

TUJUANNYA : Menangani luka bakar dan shock, serta mengatur pengiriman korban segera ke rumah sakit
PERINGATAN : JANGAN mendekati korban listrik tegangan tinggi sebelum Anda diberitahu secara resmi bahwa aliran sudah diputuskan dan diisolasi.
  1. Jika korban. Tidak sadar, segera buka jalan napasnya, periksa napas dan nadinya dan siap-siap melakukan resusitasi.
  2. Luka disiram dengan air dingin seperti yang dijelaskan pada gambar di atas
  3. Luka ditutup dengan pembalut luka bakar khusus yang steril, perban steril, atau kain bersih yang tidak berbulu.
  4. Hubungi ambulans, atasi shock.
Download Medis KamiKamu di Google Playstore