Pertolongan Pertama Pada Korban Kecelakaan di Jalan

Kecelakaan Jalan Raya, mulai dari jatuh dari sepeda sampai yang dampaknya besar, tentunya berpotensi menimbulkan korban. Tempat kejadian sering kurang aman, terutama dari kendaraan yang lalu lalang. Jadi, daerah bencana harus diamankan untuk melindungi diri Anda, korban kecelakaan, maupun pemakai jalan yang lain.

MENGAMANKAN TEMPAT KEJADIAN KECELAKAAN JALAN RAYA

  • Pertama-tama pastikan keselamatan Anda sendiri dan Anda tidak akan menimbulkan bahaya.
  • Parkir kendaraan Anda pada tempat yang agak jauh dari tempat kejadian. Pasang lampu
  • bahaya kendaraan Anda.
  • Jangan berlari ketika menyeberang jalan untuk menuju tempat kejadian.
  • Pada malam hari, bawa sesuatu yang bersinar atau memantulkan cahaya seperti lampu senter.
Setelah itu lakukan tindakan pengamanan sebagai berikut :
  • Minta bantuan sekitar untuk memberi isyarat pada kendaraan lain yang lewat di situ.
  • Pasang segi tiga pengaman 20 meter di depan dan di belakang.
  • Kunci kontak kendaraan yang mengalami kecelakan dimatikan dan, jika tahu caranya, kabel aki dilepaskan. Matikan suplai bensin pada kendaraan diesel atau sepeda motor.
  • Kendaraan distabilkan. Kalau kendaraan masih berdiri, pasang rem tangan dan masukkan gigi, roda diganjal dengan balok. Kendaraan yang terbalik jangan didirikan tapi cegah agar jangan sampai terguling.
  • Perhatikan kemungkinan adanya bahaya fisik. Apakah ada yang merokok? Apakah ada kendaraan barang dengan simbol Hazchem? Apakah ada kerusakan pada kabel listrik atau ada bensin yang mengalir?

MEMERIKSA KORBAN KECELAKAAN

Apa yang harus Anda lakukan?

Korban kecelakaan segera diperiksa. Hanya boleh dipindahkan kalau jelas ada bahaya yang mengancam atau jika akan melakukan tindakan menyelamatkan jiwa. Tangani lebih dulu kondisi yang mengancam jiwa. Periksa daerah kejadian untuk melihat barangkali masih ada korban kecelakaan yang terlempar atau berjalan terhuyung-huyung.

UNTUK KORBAN KECELAKAAN YANG TIDAK SADAR

  • Jangan memindahkan korban kecuali kalau benar-benar penting
  • Korban harus selalu dianggap menderita cedera leher sebelum terbukti lain. Pegang kepala dan lehernya dengan tangan Anda supaya pernapasannya lancar. Bila mungkin, pasang penyangga leher sebagai penopang tambahan
  • Kalau mungkin, tangani cedera yang mengancam jiwa. Korban harus diawasi terus sampai bantuan datang.
  • Jika korban terpaksa dipindahkan, Anda perlu tiga orang untuk membantu; satu orang mengangkat bahu dan dada, satu mengangkat perut dan panggul dan satu lagi mengangkat kaki korban. Anda sendiri memegang kepala dan mengarahkan jalan.

UNTUK KORBAN YANG TERPERANGKAP DI DALAM KENDARAAN

Usahakan mencari bantuan untuk mengangkat atau memindahkan kendaraan. Kalau mutlak perlu, tarik korban keluar. Sebelumnya tandai dulu posisi dari mobil dan/atau korban secara tepat. Polisi mungkin memerlukan informasi ini.

BARANG-BARANG BERBAHAYA

Kecelakaan mungkin disertai kebocoran zat berbahaya atau gas beracun. Jangan melakukan penyelamatan jika tidak yakin akan keselamatan Anda sendiri. Jauhkan masyarakat yang menonton dari tempat kejadian; ingat kemungkinan penyebaran gas beracun. Ambil posisi yang berlawanan dengan arah angin supaya tidak menghirup gas beracun.

SIMBOL HAZCHEM

Plat “Hazchem” berarti kendaraan tersebut mengangkut zat kimia berbahaya. Kalau tidak yakin akan keselamatan Anda atau tentang arti simbol, ambil jarak, terutama jika ada kebocoran atau ada huruf “E” (lihat gambar). Catat informasi pada plat dan laporkan ketika menelepon petugas.

Download Medis KamiKamu di Google Playstore