Kisah Keledai Belajar Menjadi Pintar

Dudu Keledai sangat tidak suka kalau ada binatang yang bilang bahwa keluarganya bodoh. Meskipun di banyak cerita disebutkan bahwa keledai adalah binatang yang ceroboh dan bodoh, namun Dudu tidak ingin hal itu menjadi predikatnya. Dia ingin pintar seperti Kancil atau bjiaksana seperti Pak Burung Hantu. Maka Dudu pun berusaha untuk mendapatkan apa yang dia mau, yaitu kepintaran.

Dudu mulai mencari guru yang mau mengajarinya. Tapi ternyata mencari guru yang mau mengajari keledai sangatlah sulit. Ejekan demi ejekan diteima Dudu setiap harinya.

“Mana mungkin ada yang mau menjadi guru keledai yang otaknya tidak bekerja!” seru Bubu Buaya suatu ketika.

“Keledai tidak akan pernah menjadi pintar meskipun dia mau sekalipun,” kata Kancil.

Semua ucapan itu menyakitkan. Tapi, Dudu tidak mau menyerah. Jika tidak ada guru yang mengajarinya, baginya tidak masalah. Kini Dudu lebih suka berada di perpustakaan. Tapi rupanya di dalam perpustakaan pun, Dudu tidak memperoleh ketenangan. Dia sering kali mendengar binatang yang juga berada di perpustakan sedang membicarakannya.

“Pasti ada jalan untuk mendapatkan kepintaran “ucap Dudu kepada dirinya sendiri.

Dudu Keledai memang sangat gigih. Walaupun membutuhkan waktu lebih lama untuk memahami sesuatu, tapi dia tidak menyerah. Sekalipun tidak ada guru yang sanggup mendidiknya, namun ia terus berusaha belajar sendiri. Kesungguhannya dalam belajar pada akhirnya mengantarkannya ke puncak keberhasilan.

Pada suatu hari, dia kembali bertemu dengan teman-teman yang mengejeknya. Di sana ada Bubu Buaya, Kancil, dan juga Pak Burung Hantu yang bijaksana. Dudu Keledai tersenyum.

“Bukan seberapa pintar kita, teman. Melainkan bagaimana kita mampu meraihnya dengan kerja keras. Jadi berhentilah bilang bahwa semua keledai itu bodoh,” ucap Dudu seraya tersenyum.

Sekarang tidak ada lagi Dudu Keledai yang bodoh. Teman-temannya yang dulu pernah mengejeknya merasa menyesal. Kini Dudu jauh lebih pintar daripada hewan yang mengejeknya. Akhirnya, Dudu Keledai telah berhasil untuk tidak jatuh pada lubang yang sama.

Pesan Moral : Keberhasilan akan dicapai oleh orang yang mau bekerja keras, bukan orang yang sekedar pintar tapi malas. Kepintaran dan kecerdasan yang tidak diasah akan tumpul. Sementara yang tumpul akan menjadi tajam jika terus-menerus diasah.