Amalan Sepertiga Malam

Amalan sepertiga malam merupakan ibadah yang sangat dianjurkan untuk kita mengerjakannya, dan hal ini dijelaskan dalam hadis.

Hadits

Dari Abu Hurairah Ra., bahwa Rasulullah SAW. bersabda,

“Rabb kita Tabaraka wa Ta’ala turun ke langit dunia setiap malam ketika tersisa akhir sepertiga malam, dan berfirman,
“Barangsiapa berdoa kepada-Ku niscaya Aku perkenankan baginya, barangsiapa meminta-Ku maka Aku penuhi ia, barangsiapa meminta ampun kepadaku maka Aku ampuni dia.”

(Bukhari, 1145 / Jawami’ul Kalim, 1083)

Amalan

Dari Ibnu Abbas Ra., ia berkata,

Apabila Rasulullah SAW Sholat Tahajud malam hari, Beliau berdoa,
“Ya Allah ya Tuhan kami! Bagi-Mu segala puji, Engkau yang menegakkan langit dan bumi, segala puji bagi-Mu, Engkau Tuhan langit dan bumi dan seluruh yang ada di dalamnya, segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit dan bumi dan siapa saja yang di dalamnya, Engkau Maha Hak dan firman-Mu Hak dan janji-Mu hak dan perjumpaan dengan-Mu adalah hak, dan surga-Mu hak, dan neraka hak, dan kebangkitan adalah hak. Ya Allah bagi-Mu aku berserah diri, dan kepadamu aku beriman, kepada-Mu aku tawakal, karena-Mu aku memusuhi (musuh-Mu) dan kepada-Mu aku meminta berhukum, maka ampunilah aku dari apa yang telah dahulu dan yang akan datang, apa yang aku sembunyikan dan apa yang aku tampakkan, dan apa-apa yang Engkau lebih ketahui terhadapnya daripada diriku, tiada Tuhan selain Engkau.”

(Bukhari, 7442/ Jawami’ul Kalim, 6912)